Apa itu Uni Eropa?

Uni Eropa( disingkat UE) merupakan badan antarpemerintahan serta supranasional yang beranggotakan negara- negara Eropa. Semenjak 31 Januari 2020, Uni Eropa beranggotakan 27 negeri. Aliansi ini dibuat atas julukan itu di dasar Akad Uni Eropa( yang lebih diketahui dengan Akad Maastricht) pada 1992. Tetapi, banyak pandangan dari Uni Eropa mencuat saat sebelum bertepatan pada itu lewat badan tadinya, ialah kembali ke tahun 1950- an.

 

Di sebagian aspek, keputusan- keputusan diresmikan lewat konferensi serta perundingan di antara negara- negara badan, serta di bidang- bidang yang lain lembaga- lembaga alat yang bertabiat supranasional melaksanakan tanggung jawabnya tanpa butuh persetujuan anggota- anggotanya. Badan alat berarti di dalam Uni Eropa merupakan Komisi Eropa, Badan Uni Eropa, Badan Eropa, Dewan Eropa, serta Bank Esensial Eropa. Di sisi itu, ada pula Parlemen Eropa yang anggota- anggotanya diseleksi langsung oleh masyarakat negeri anggotanya. Pada bertepatan pada 12 Oktober 2012, Uni Eropa diresmikan bagaikan akseptor Apresiasi Perdamaian Nobel tahun 2012.

 

Sejarah singkat terhadap Uni Eropa

 

Eksperimen buat memadukan negeri Eropa sudah diawali saat sebelum terjadinya negara- negara modern; mereka sudah terjalin sebagian kali dalam asal usul Eropa. 3 ribu tahun kemudian, Eropa didominasi oleh bangsa Celt. Setelah itu, Eropa ditaklukan serta diperintah Imperium Bulu halus yang berfokus di Mediterania. Dini agregasi ini dilahirkan dengan metode menuntut. Imperium Franks dari Charlemagne serta Imperium Bersih Bulu halus memadukan area yang besar di dasar administrasi yang longgar sepanjang sebagian dupa tahun. Belum lama pada 1800- an customs union di dasar Napoleon Bonaparte, serta penawanan pada 1940- an oleh Nazi Jerman cuma terjalin sedangkan saja.

 

Sebab koleksi bahasa Eropa serta budayanya, eksperimen agregasi ini umumnya mengaitkan pendudukan dari negara- negara yang tidak mau alhasil menghasilkan ketidakstabilan. Salah satu eksperimen agregasi dengan cara rukun lewat kegiatan serupa serta pertemuan badan terbuat oleh pasifis Victor Hugo pada 1851. Sehabis Perang Bumi I serta Perang Bumi II, kemauan buat mendirikan Uni Eropa terus menjadi bertambah sebab didorong oleh kemauan buat membuat kembali Eropa serta melenyapkan mungkin perang yang lain. Oleh sebab itu, dibentuklah European Coal and Steel Community oleh Jerman, Prancis, Italia, serta negara- negara Benelux. Perihal ini terjalin oleh Akad Paris( 1951) yang ditandatangani pada April 1951 serta diawali pada Juli 1952.

 

Sehabis itu, tercipta pula European Economic Community yang dibuat oleh Akad Bulu halus pada 1957 serta diimplementasikan pada 1 Januari 1958. Setelah itu, komunitas itu berganti jadi Warga Eropa yang ialah tiang awal dari Uni Eropa. Uni Eropa sudah ber- evolusi dari suatu tubuh perdagangan jadi suatu kegiatan serupa ekonomi serta politik.

 

Kebijaksanaan utama

 

Denah negara- negara badan Uni Eropa( ISO 3166) Pergantian julukan dari” Warga Ekonomi Eropa” ke” Warga Eropa” ke” Uni Eropa” menunjukkan kalau badan ini sudah berganti dari suatu kesatuan ekonomi jadi suatu kesatuan politik. Kecondongan ini diisyarati dengan melonjaknya jumlah kebijaksanaan dalam Uni Eropa.

 

Cerminan kenaikan konsentrasi ini dijajari oleh 2 aspek.

 

Awal, sebagian negeri badan mempunyai sebagian adat- istiadat dalam negeri rezim regional yang kokoh. Perihal ini menimbulkan kenaikan fokus mengenai kebijaksanaan regional serta area Eropa. Suatu Committee of the Regions dibuat bagaikan bagian dari Akad Maastricht.

 

Kedua, kebijaksanaan Uni Eropa melingkupi beberapa kegiatan serupa yang berlainan.

 

  • Pengambilan ketetapan yang bebas: negara- negara badan sudah membagikan pada Komisi Eropa kewenangan buat menghasilkan keputusan- keputusan di wilayah- wilayah khusus semacam misalnya hukum pertandingan, pengawasan dorongan negeri, serta liberalisasi.

 

  • Harmonisasi: hukum negara- negara badan diharmonisasikan lewat cara legislatif Uni Eropa yang mengaitkan Komisi Eropa, Parlemen Eropa, serta Badan Uni Eropa. Dampak dari perihal ini merupakan hukum Uni Eropa terus menjadi terasa muncul dalam sistem- sistem negeri badan.

 

  • Kooperasi: negara- negara badan, yang berjumpa bagaikan Badan Uni Eropa, akur buat bertugas serupa serta mengatur kebijakan- kebijakan dalam negara mereka.

Seluruh negeri calon badan wajib meresmikan hukum supaya selaras dengan kerangka hukum Eropa bersama, yang diketahui bagaikan Acquis Communautaire.( Amati pula Federasi Perdagangan Leluasa Eropa( EFTA), Area Ekonomi Eropa( EEA) and Langit Tunggal Eropa.) Amati bagan negeri yang turut dan dalam beberapa inisiatif.

 

Kebijaksanaan eksternal

 

  • Suatu bayaran eksternal bersama banderol bea serta posisi yang serupa dalam perundingan- perundingan perdagangan global.

 

  • Pendanaan buat program- program di negara- negara calon badan serta negara- negara Eropa Timur yang lain dan dorongan ke banyak negeri bertumbuh lewat program Phare and Tacis- nya.

 

  • Pembentukan suatu pasar tunggal Warga Tenaga Eropa lewat Akad Komunitas Tenaga Eropa Tenggara.

 

Kegiatan serupa serta kesepadanan di wilayah- wilayah lain

 

Independensi untuk masyarakat Uni Eropa buat turut memilah dalam penentuan rezim setempat serta Parlemen Eropa di negeri badan mana juga pula.

 

  • Kerja serupa dalam permasalahan pidana, tercantum silih memberi intelijen( lewat EUROPOL serta Sistem Data Schengen), akad mengenai arti bersama hal kesalahan, serta prosedur- prosedur ekstradisi.

 

  • Suatu kebijaksanaan luar negara bersama bagaikan suatu target era depan, namun sedang lama terkini hendak terkabul. Penjatahan antarnegara badan( dalam pesan 8) serta anggota- anggota yang dikala itu belum berasosiasi( dalam pesan Vilnius) pada dikala invasi Irak 2003 menerangi seberapa jauh target ini terletak di depan saat sebelum beliau bisa jadi realitas.

 

  • Suatu kebijaksanaan keamanan bersama bagaikan sesuatu target, tercantum pembuatan Dasar Respon Kilat Eropa dengan 60 ribu badan buat maksud- maksud menjaga perdamaian, seseorang karyawan tentara Uni Eropa, serta suatu pusat satelit Uni Eropa( buat maksud- maksud intelijen).

 

  • Kebijakan bersama mengenai asilum serta imigrasi.

 

  • Pendanaan bersama buat riset serta pengembangan teknologi, lewat Konsep Program buat Riset serta Pengembangan Teknologi sepanjang 4 tahun. Konsep Program Keenam legal dari 2002 sampai 2006.

 

Politik

 

Uni Eropa mempunyai kompetensi yang didasarkan pada Perjanjian- perjanjian Uni Eropa serta prinsip subsidiaritas yang melaporkan kalau kelakuan Uni Eropa cuma dapat didapat dikala sesuatu tujuan tidak bisa dicapai dengan cara mencukupi oleh cuma suatu negeri badan. Hukum yang dicanangkan oleh institusi Uni Eropa dikeluarkan dalam sebagian metode, dengan cara biasa hukum itu bisa diklasifikasikan ke dalam 2 golongan: hukum yang mulai legal tanpa keinginan buat mengukur aplikasi rasio nasional serta hukum yang legal dengan keinginan itu.

 

Pemerintahan

 

Uni Eropa mempunyai 7 institusi: Parlemen Eropa, Badan Uni Eropa, Komisi Eropa, Badan Eropa, Bank Esensial Eropa, Dewan Eropa, serta Dewan Audit Eropa. Wewenang buat mempelajari serta mengamendemen legislasi dipecah antara Parlemen Eropa serta Badan Uni Eropa, sedangkan kewajiban administrator ditangani oleh Komisi Eropa serta, dengan cara terbatas, oleh Badan Eropa( tidak bisa disamadengankan dengan Badan Uni Eropa yang diucap terlebih dulu). Kebijaksanaan moneter eurozone diatur oleh Bank Esensial Eropa. Pengertian serta aplikasi hukum Uni Eropa serta perjanjian- perjanjian ditentukan oleh Dewan Eropa. Di sisi itu, ada pula badan- badan bonus yang bekerja buat membagikan anjuran untuk Uni Eropa ataupun bekerja dalam zona yang khusus.

 

Komisi Eropa

 

Komisi Eropa berperan menggenggam guna administrator serta bertanggung jawab buat memelopori legislasi serta kepemimpinan setiap hari Uni Eropa. Komisi pula jadi motor integrasi Eropa. Komisi bertugas bagaikan dewan menteri rezim, dengan 27 Komisaris yang bertugas dalam zona kebijaksanaan yang berbeda- beda, satu orang dari tiap negeri badan. Tetapi, Komisaris terikat pada komitmen buat menggantikan kebutuhan Uni Eropa bagaikan keselurahan, bukan kebutuhan negeri tiap- tiap.

 

Salah satu dari 27 badan dewan menteri berprofesi bagaikan Kepala negara Komisi( dikala ini Ursula von der Leyen), ditunjuk oleh Badan Eropa. 2 puluh 6 Komisaris yang lain setelah itu ditunjuk oleh Badan Uni Eropa dengan persutujuan kepala negara yang dinominasikan.

 

Lembaga badan Eropa

 

Badan Eropa membagikan advis pada Uni Eropa serta melangsungkan konferensi sekurang- kurangnya 4 kali satu tahun. Badan Eropa terdiri dari Kepala negara Badan Eropa, Kepala negara Komisi Eropa, serta satu delegasi per negeri badan( bagus kepala negeri ataupun kepala rezim). Badan Eropa ditafsirkan oleh sebagian pihak bagaikan” daulat politik paling tinggi” Uni Eropa. Badan Eropa aktif ikut serta dalam perundingan pergantian akad serta mendeskripsikan skedul serta strategi kebijaksanaan Uni Eropa.

 

Badan Eropa memakai kedudukan kepemimpinannya buat menuntaskan bentrokan antara negara- negara badan serta institusi- institusi Uni Eropa, dan buat menuntaskan darurat politik serta perbandingan opini atas permasalahan serta kebijaksanaan kontroversial. Dengan cara eksternal, Badan Eropa berperan bagaikan” Kepala Negeri beramai- ramai” serta meratifikasi akta berarti( misalnya akad serta persetujuan global).

 

Pada bertepatan pada 19 November 2009, Herman Van Rompuy tersaring bagaikan Kepala negara permanen awal Badan Eropa. Pada bertepatan pada 1 Desember 2009, Akad Lisboa diberlakukan serta Van Rompuy mulai berprofesi buat membenarkan representasi eksternal Uni Eropa, menggerakkan konsensus, serta menuntaskan perbandingan dampingi badan ialah kewajiban Kepala negara, bagus sepanjang konvokasi Badan Eropa ataupun pada rentang waktu durasi antara 2 konvokasi. Badan Eropa( European Council) ialah institusi yang berlainan dengan Badan Eropa( Council of Europe), badan global yang bebas dari Uni Eropa.

 

Parlemen

 

Parlemen Eropa membuat separuh tubuh legislatif Uni Eropa( separuh yang lain merupakan Badan Uni Eropa, amati di dasar). Sebesar 736( hendak lekas jadi 751) Badan Parlemen Eropa( Inggris: MEP) dengan cara langsung diseleksi oleh masyarakat negeri Uni Eropa tiap 5 tahun bersumber pada perwakilan sepadan suara yang digabungkan oleh tiap- tiap partai politik. Walaupun Parlemen Eropa diseleksi dengan cara nasional, para badan bersandar bagi bagian politik serta bukan bersumber pada kebangsaan mereka. Tiap negeri mempunyai beberapa bagian bangku yang setelah itu dipecah jadi konstituen sub- nasional yang tidak pengaruhi watak sepadan dari sistem suara.

 

Parlemen Eropa serta Badan Uni Eropa meluluskan hukum dengan cara bersama- sama di nyaris seluruh area di dasar metode legislatif lazim. Perihal ini pula legal buat permasalahan perhitungan Uni Eropa. Pada kesimpulannya, Komisi bertanggung jawab pada Parlemen, membutuhkan persetujuan Parlemen buat berprofesi, serta wajib memberi tahu kembali pada Parlemen dan angkat tangan pada kritik ataupun pertidaksetujuan dari Parlemen. Kepala negara Parlemen Eropa melakukan kedudukan juru bicara( speaker) dalam parlemen serta menggantikan Parlemen dengan cara eksternal. Kepala negara Parlemen Eropa serta Delegasi Kepala negara diseleksi oleh Parlemen Eropa tiap 2 separuh tahun.

 

Lembaga Badan Uni Eropa

 

Badan Uni Eropa, ataupun yang kerap kali diucap bagaikan Badan, serta sering- kali bagaikan Badan Menteri, membuat separuh bagian lain dari badan legislatif Uni Eropa yang mendampingi Parlemen. Badan terdiri dari seseorang menteri dari tiap negeri badan. Aransemen Badan bisa berubah- ubah serta tergantung pada aspek kebijaksanaan yang ditangani. Walaupun aransemen yang berlainan, Badan senantiasa dikira bagaikan satu badan. Tidak hanya guna legislasi, Badan pula melaksanakan guna administrator dalam Kebijaksanaan Bersama Luar Negara serta Keamanan.

 

Hukuman

 

Kedua puluh 8 negeri badan Uni Eropa mempunyai perhitungan yang disetujui, ialah sebesar€ 120, 7 miliyar buat tahun 2007 serta€ 864, 3 miliyar buat rentang waktu 2007–2013. Perhitungan itu ialah 1, 10% serta 1, 05% dari ditaksir PDB negara- negara badan Uni Eropa buat rentang waktu tiap- tiap. Bagaikan analogi, pengeluaran Inggris buat tahun 2004 diperkirakan hendak€ 759 miliyar, serta Prancis diperkirakan sudah menghabiskan€ 801 miliyar. Pada tahun 1960, perhitungan dari Komunitas Ekonomi Eropa merupakan sebesar 0, 03% dari PDB.

 

Dalam perhitungan 2010 sebesar€ 141, 5 miliyar, item pengeluaran terbanyak merupakan kohesi serta energi saing, ialah dekat 45% dari keseluruhan perhitungan, disusul oleh pertanian dengan dekat 31% dari keseluruhan perhitungan. Pembangunan pedesaan, area, serta perikanan menyantap dekat 11% perhitungan, administrasi dekat 6%, Uni Eropa bagaikan kawan kerja garis besar serta kebangsaan, independensi, keamanan, serta kesamarataan jadi ahli kunci dengan cuma dekat 6% serta 1% dari semua perhitungan Uni Eropa dipergunakan profit tiap- tiap bab.

 

Badan kelima Uni Eropa, Dewan Audit Eropa, membenarkan kalau perhitungan Uni Eropa dipertanggungjawabkan dengan betul. Dewan sediakan informasi audit buat tiap tahun novel pada Badan serta Parlemen. Parlemen memakai informasi audit buat menyudahi antara membenarkan ataupun menyangkal penindakan perhitungan Komisi. Dewan pula membagikan opini serta usulan hukum finansial serta aksi anti- penipuan.

 

Majelis hukum Pengaudit dengan cara hukum bertanggung jawab membagikan Parlemen Eropa serta Badan Eropa” statment agama atas keandalan rekening serta keabsahan dan keteraturan bisnis yang mendasarinya”. Dewan belum sempat membagikan persetujuan mutlak kepada rekening UE semenjak tahun 1993.