Langkah untuk Mendapatkan Izin Kerja di UE

Sebenarnya masih banyak sekali para pekerja yang benar-benar ingin mengambil sebuah kesempatan Belajar di luar negeri sampai dengan bekerja di luar negeri, khususnya di Uni Eropa. Dari adanya kemajuan pada perkembangan teknologi yang semakin pesat, lalu adanya sebuah peradaban yang maju, serta dihiasi oleh alam yang indah menjadi beberapa hal yang mampu membuat negara atau Benua Eropa ini sangat layak untuk bisa dijadikan sebagai tempat yang di idam-idamkan untuk kalian tinggali dan bekerja disana. 

Namun untuk bisa memulai s128 sabung ayam di Uni Eropa ini tidak semudah yang ada di pikiran kalian semua, dimana ketika kalian terbang ke salah satu negara yakni Uni Eropa maka kalian bisa langsung mencari pekerjaan dalam beberapa waktu setelah kalian sampai di negara tersebut. Dalam hal ini ada metode yang wajib kalian lakukan, yakni dengan membuat sebuah permohonan izin kerja pada konsulat dari negara Tujuan kalian untuk benar-benar bisa memulai pekerjaan yang ada disana dengan legal atau bebas. Nah untuk saat ini, lebih tepatnya kami bantu kalian menemukan beberapa langkah tepat untuk bisa mendapatkan Izin Kerja di bagian Uni Eropa. 

Langkah 1 : Memahami adanya Perbedaan Izin Kerja dengan Visa Turis 

Jadi dalam hal ini kalian harus benar-benar paham, bahwa Izin Kerja sangat berbeda dengan adanya Visa Turis yang kalian miliki untuk digunakan sebagai identitas sebagai wisatawan dalam berkunjung ke bagian Eropa. Pada umumnya, penggunaan dari Visa Turis ini hanya diperbolehkan kepada pemegang Visa untuk benar-benar bisa memasuki suatu negara, namun tidak bisa bekerja secara legal atau tinggal dengan melebihi adanya jangka waktu yang sudah ditentukan. Dengan adanya beberapa lembaran atas Izin Kerja, maka posisi kalian berhak sekali untuk bekerja walau kalian ini masuk ke dalam golongan warga negara asing. 

Untuk bisa mendapatkan Izin kerja, sebelumnya kalian harus benar-benar sudah memiliki penawaran kerja lebih dulu daripada perusahaan yang memang berminat untuk dapat memberi kalian Sponsor nantinya. Ini semua memang menjadi sebuah syarat awal di dalam melamar Izin Kerja. Oleh sebab itu, langkah pertama dengan mencari pekerjaan yang sangat cocok dan juga bisa memastikan adanya perusahaan ini tidak merasa keberatan menjadi seorang sponsor untuk kalian selama tinggal disana. 

Langkah 2 : Wajib untuk Mendapatkan Lamaran Kerja Lebih Dulu ! 

Agar nantinya aplikasi dari Izin kerja kalian ini bisa benar-benar disetujui, maka kalian harus bisa memiliki adanya tawaran pekerjaan yang mampu menuliskan dengan jelas bahwa kalian akan bekerja nantinya untuk perusahaan yang telah sah berada di kawasan Uni Eropa terlebih dahulu. Surat ini sendiri menjadi sebuah dokumen wajib yang benar-benar bisa kalian miliki agar kiranya nanti kalian bisa berhak untuk membuat permohonan tersebut. 

Dengan memohon adanya pembuatan dari Surat Izin Kerja memang memiliki proses yang sangat ekstensif. Maka dari itu, kalian harus bisa memastikan jika surat lamaran ini sudah kalian dapatkan, karena memang kalian tidak akan mungkin untuk melalui sebuah proses lamaran yang begitu panjang hingga akhirnya kalian mendapatkan kegagalan saja. 

Langkah 3 : Jangan Mudah percaya dengan Lembaga Ketiga ! 

Dalam hal ini kalian juga jangan mudah terpercaya ( Don’t Trust For Everything About Third Institution ) yang biasanya sering sekali memberikan iming-iming atau janji-janji untuk bisa mempercepat adanya pembuatan visa atau sekedar bisa memastikan adanya kalian mendapatkan Izin Kerja yang nyata. Klaim yang mereka berikan ini belum tentu terjamin keasliannya dan sudah banyak sekali penipuan dengan kedok seperti itu. Lebih baik dalam hal ini kalian benar-benar bisa mempelajari atau mempersiapkan bahkan melakukan adanya lamaran sendiri ke lembaga yang sudah berotoritas dalam mengurus Visa dan juga Izin kerja dari negara tujuan kalian. 

Sudah pasti, disini kalian tidak ingin toh masuk ke Uni Eropa secara Ilegal ? dengan cara pemalsuan data diri atas dokumen pribadi kalian yang sebenarnya, kalian ingin mengikuti prosedur yang ada. Sekalipun nantinya kalian memilih untuk bisa menggunakan sebuah bantuan dari lembaga ketiga atau Third Institution,  pastikan kembali kalian bisa mengetahui secara detail mengenai proses dan juga layanan agar nantinya kalian tidak tertipu. 

Langkah 4 : Siapkan lah Semua Dokumen Penting yang Diperlukan 

Dikarenakan adanya permohonan atas izin surat lamaran ini berkaitan dengan Pemerintah, maka disini kalian akan diminta untuk bisa menyerahkan Informasi maupun dokumen Identifikasi pribadi. Semua dokumen yang memang diperlukan harus sangat disediakan secara lengkap dan ini semua menjadi sebuah tahapan yang sangat penting untuk kalian teliti nantinya. Jika kalian tidak menyertakan adanya Dokumen Lengkap, maka hal itu bisa mempengaruhi kesempatan kalian dalam mendapatkan izin kerja di luar negeri. Jadi, usahakan dalam menyiapkan semua dokumen atau data-data penting ini jangan pernah terburu-buru. Susunlah secara rapi apa saja yang memang diperlukan nantinya. 

Dokumen yang diperlukan berupa : 

  1. Formulir pada aplikasi yang lengkap dengan nantinya kalian cetak sebanyak 2x dan kedua formulir ini harus ditandatangani sebelum benar-benar kalian kirim. 
  2. Kontrak kerja harus yang sah, alias yang harus ditandatangani oleh kalian serta perusahaan kalian bekerja nanti. 
  3. Adanya seluruh ijazah, lalu sertifikat dan juga Transkrip menjadi sebuah bukti dari Kualifikasi akademik yang nyata. 
  4. Sertifikat dari Kompetensi bahasa di negara tujuan jika nantinya dibutuhkan dan juga melampirkan adanya paspor yang masih berlaku. Pastikan untuk paspor, memiliki masa berlaku selama 3 bulan dari tanggal kalian berencana untuk bisa keluar negeri. 
  5. Terdapat 2 foto terbaru yang mana tidak lebih dari 3 bulan dan sudah berdimensi sesuai dari persyaratan yang telah ditentukan nantinya. 

 

Langkah 5 : Memulai untuk Reservasi penerbangan – Asuransi & Akomodasi 

Jika dokumen yang diperlukan sudah terlengkapi, maka kalian harus membawa bukti reservasi penerbangan – pembelian pada asuransi perjalanan dan ditutup dengan Akomodasi yang ada. Berikut ini akan kami berikan beberapa Informasi khusus terkait dari aspek-aspek tersebut, seperti halnya : 

  • Menyiapkan bukti reservasi penerbangan dengan jelas yang akan menunjukkan tanggal dan juga nomor penerbangan kalian agar bisa masuk kedalam dan keluar  negara Uni Eropa. 
  • Disini kalian juga harus benar benar bisa memiliki asuransi dari perjalanan yang berlaku di semua negara Schengen.
  • Disini kalian sangat perlu untuk bisa menunjukkan adanya bukti Akomodasi yang jelas dengan menunjukkan tempat kalian tinggal selama berada di negara tersebut. 

Sisanya kalian hanya perlu menambahkan adanya pengajuan atas Izin Kerja, biaya yang dibutuhkan seperti halnya di beberapa negara yang ada di Uni Eropa pasti berbeda-beda. Untuk negara Perancis memiliki biaya Visa Kerja, lalu untuk Negara Jerman, Negara Spanyol memiliki rata-rata biasa visa yang berbeda-beda. Jika nantinya kalian sudah lama bekerja, maka ditutup dengan adanya perpanjangan Izin masa Kerja tersebut.